R I S T E K

Kementerian Negara Riset dan Teknologi

PROGRAM RISET,
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

I N T E R N A S I O N A L

Kementerian Negara Riset dan Teknologi
Republik Indonesia

Sunday, January 01, 2006
Asia Pacific Economic Cooperation – Industrial Working Group on S&T

- Roundtable Discussion on International Science and Engineering Partnership – US National Science Board (NSB), Singapore 25 September 2006


Pertemuan diselenggarakan di Grand Park Royal Plaza, Singapore, 25 September 2006 dan dihadiri oleh perwakilan dari negara USA, Canada, Indonesia, Japan, Korea, New Zealand, Phillipines, China, Singapore, China-Taipei (Taiwan), Thailand, Viet Nam.

Maksud pertemuan adalah untuk mempelajari peran pemerintah USA dalam International Science and Engineering (SE), sebagai respon terhadap perubahan-perubahan yang diakibatkan dinamika global atas penelitian, pendidikan, politik dan technical workfoce dari SE. Pertemuan di Singapore menindak lanjuti pertemuan Task Force sebelumnya di Washington DC, 11 Mei 2006.

Tujuan dari pertemuan adalah pertukaran informasi mengenai KS Internasional dalam bidang Science and Engineering. Topik diskusi di fokuskan pada fasilitasi kerjasama S&E antara USA dan para peneliti & Insinyur non USA di USA; fasilitasi kerjasama S&E antara USA dan para peneliti & Insinyur non USA di negara maju mapun negara berkembang di luar USA; penggunaan kerjasama S&E untuk meningkatkan hubungan antara negara-negara, serta penggunaan kerjasama S&E untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan proteksi lingkungan di negara-negara berkembang.

Delegasi RISTEK mempresentasikan paparan mengenai 'International Research, Science and Technology Programs: Indonesian Perspective'.

- 31st Meeting of Asia Pacific Economic Cooperation Industrial Working Group on S&T (APEC-ISTWG), Singapore, 26-27 September 2006.

Pertemuan diselenggarakan di APEC Secretariat, 35 Heng Mui Keng Terrace, Singapore 119616. Negara-negara yang hadir dalam pertemuan adalah Australia, Brunei Darussalam, Canada, China, Hongkong-China, Indonesia, Japan, Korea, New Zealand, Philippines, Russia, China-Taipei, Singapore, USA. Negara-negara yang tidak hadir adalah Chile, Malaysia, Mexico, Papua New Guinea, serta Peru.

Topik-topik yang dibahas pada sub group adalah (A) Human Resource Development, (B) International S&T Network, (C) Connecting Research and Innovations, (D) Technological Cooperation and Strategic Planning. Disamping itu, juga diadakan diskusi untuk Ad Hoc Task Force on Sustainable Development dan Science-Industry Linkage Forum (SILF) pada tingkat regional APEC. . Selain itu, dalam forum tersebut juga disampaikan laporan oleh APEC Secretariat ; APEC Climate Center; perkembangan Electronic International Molecular Biology Laboratory; tindak lanjut ASTWeb, serta final status project proposal.

Untuk tahun 2007, kegiatan pelatihan dan simposium yang ditawarkan adalah:
- Penawaran APEC R&D Management Training (ART) Program, March 5-10, 2007, Busan, Korea.
- Symposium on Predictability of Climate Variatons in the Indo-Pacific Sector, 8-10 March, 2007, Tokyo and Hakone, Japan.