R I S T E K

Kementerian Negara Riset dan Teknologi

PROGRAM RISET,
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

I N T E R N A S I O N A L

Kementerian Negara Riset dan Teknologi
Republik Indonesia

Monday, January 02, 2006
Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi telah menjadi tuan rumah kunjungan Menteri Ilmu Pengetahuan, Riset dan Teknologi Republik Islam Iran, Prof. DR. Mohammad M. Zahedi yang didampingi oleh Wakil Menteri, DR. Arsalan Ghorbani, anggota Parlemen Iran DR. Mohammad H. Doogani, Direktur Jendral Pertukaran Mahasiswa M.J. Yazdanpanah, Divisi Budaya Kementerian Luar Negeri Iran, Keshavarzadeh dan DR. Abbas Farajollahi, asisten Menteri dari tanggal 24 sampai dengan 29 Juni 2006. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari penandatannganan "Memorandum of Understanding Between The Government Of The Republic Of Indonesia And The Government Of The Islamic Republic Of Iran On Scientific And Technological Cooperation" yang ditandatangani pada tanggal 10 Mei 2005, oleh Menegristek RI dan Menlu Iran, Manouchehr Mottaki.


Selain bertemu dengan Menteri Negara Riset dan Teknologi , Dr. Kusmayanto Kadiman, Menteri Ilmu Pengetahuan, Riset dan Teknologi Republik Islam Iran juga telah bertemu dengan Wakil Presiden Mohammad Jusuf Kalla dan Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Bambang Sudibyo. Dalam pertemuan dengan Menegristek, telah disepakati masing-masing negara akan membentuk Tim Kerja (Join Working Committee), dan direncanakan Tim Kerja ini akan bertemu dan membahas bidang-bidang kerjasama antar dua negara pada tahun 2007. Adapun bidang kerjasama yang disepakati adalah nano technology, biotechnology, stem cell, earth science dan nuclear R&D for peaceful application.

Menteri Pendidikan Tinggi, Teknologi dan Riset Iran juga mengunjungi 3 Universitas dan 1 Institut yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Syarif Hidayatullah dan Institut Teknologi Bandung. Dalam kunjungan ke Universitas itu tujuan utamanya adalah membangun rencana kerjasama pertukaran mahasiswa dan pengajar antar dua negara yang dilaksanakan dalam waktu dekat. Selain itu, Menteri Pendidikan Tinggi, Teknologi dan Riset Iran juga telah meninjau fasilitas penelitian di Puspiptek Serpong, yaitu fasilitas yang dimiliki Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) seperti Reaktor Serba Guna GA Siwabessy, Instalasi Radioisotop dan Radiofarmaka, juga berkunjung ke Fasilitas Kedokteran Nuklir yang berada di bawah pengawasan BATAN di Rumah sakit Hasan Sadikin Badnung , serta beberapa laboratorium penelitian instrumen milik Puslit Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi LIPI. Juga, dilakukan peninjauan ke Pusat Peragaan Iptek (PP IPTEK) di Taman Mini Indonesia Indah.