R I S T E K

Kementerian Negara Riset dan Teknologi

PROGRAM RISET,
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

I N T E R N A S I O N A L

Kementerian Negara Riset dan Teknologi
Republik Indonesia

Monday, January 02, 2006
Pertemuan Konsultasi Bilateral Pertama dan Sidang Ke-8 Komisi Bersama RI-Tunisia telah dilaksanakan di Bali pada 21-23 November 2006. Pertemuan tingkat Menteri (23 November 2006), didahului dengan pertemuan Senior Offical Meeting (SOM) tanggal 21-22 November 2006. Pertemuan Tingkat Menteri dipimpin oleh Menlu RI, H.E. N. Hassan Wirajuda dan Menlu Tunisia, H.E. Abdelwaheb Abdallah. Sedangkan pertemuan SOM dipimpin oleh Dirjen Asia, Pacific dan Afrika, Deplu Indonesia, Bpk. Primo Alui Joelianto dan Dirjen Asia dan Amerika, Deplu Tunisia.

Tujuan dari pertemuan adalah untuk meningkatkan dan memperkuat landasan/komitmen Indonesia dan Tunisia; mengevaluasi implementasi MoU/kesepakatan yang pernah ditandatangani, serta merumuskan langkah-langkah yang konkrit bagi kesinambungan kerjasama bilateral antar ke dua Negara.

Pertemuan SOM dibagi dalam dua komite, yaitu Komite I (Trade, Industri, Free Zone, Park Economic Activities, Energy and Mining, SMEs, Transportation) dan Komite II (Reproductive Health and Family Planning, Information and Communication Technology, Culture, Women Empowerment, Science & Technology, Higher Education, Youth and Sport, and Visa Exemption for the Diplomatic and Service Passports). Khusus untuk MoU Indonesia and Tunisia on Cooperation in Scientific and Technology Development, Delegasi RISTEK yang didukung oleh Deplu dan Setneg, telah mengadakan diskusi dengan pihak Deplu Tunisia dan mencapai kesepakatan dalam penyelesaian draft MoU tersebut.

Diharapkan MoU Indonesia-Tunisia on Cooperation in Scientific and Technology Development dapat ditanda-tangani oleh Menristek Indonesia dan Minister in charge of Scientific Research, Technology and Competency Development Tunisia pada bulan April 2007.