R I S T E K

Kementerian Negara Riset dan Teknologi

PROGRAM RISET,
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

I N T E R N A S I O N A L

Kementerian Negara Riset dan Teknologi
Republik Indonesia

Tuesday, February 13, 2007
Kunjungan Dutabesar Republik Islam Iran untuk Indonesia, HE Behrooz Kamalvandi kepada Menristek, HE Dr. Kusmayanto Kadiman, adalah dalam rangka menindak-lanjuti MoU bilateral antara Indonesia dan Iran yang merupakan payung kerjasama teknis di bidang iptek, yang telah ditanda-tangani 10 Mei 2006. Menteri Ristek RI dan Menteri Sains Riset dan Teknologi Iran telah sepakat membentuk Komite Bersama (Joint Working Committee / JWC) untuk melaksanakan kerjasama dalam bidang : nano technology, biotechnology, stem cell, earth science, serta kemungkinan pengembangan nuklir dalam bidang agriculture, medical, safety or other humanities purposes.

Joint Working Committee pihak Indonesia telah dibentuk dalam rapat I pada tanggal 28 November 2006, diketuai: Prof. Dr. Benyamin Lakitan (Staf Ahli Menristek bidang Pangan) dan beranggotakan : Deputi Menristek Bidang Program Riptek dan wakil-wakil dari LIPI, BPPT dan BATAN, sekretaris : Asdep program Riptek Internasional. Kerjasama bilateral Indonesia – Iran dapat dilakukan dalam bentuk : Joint Research pada bidang yang spesifik, Pertukaran periset antar negara, On the job training ( fellowship), Scientific Visit, dll.

Dalam diskusi, Dubes Iran menyarankan untuk mengaktifkan JWC Indonesia – Iran secepatnya, dan hal ini disambut baik oleh Menristek, bahkan dijelaskan bahwa KRT telah mempersiapkan lebih awal dengan proposal-proposal dari LPND dan identifikasi mitra kerjasama di Iran melalui Kedubes RI untuk Iran pada waktu kunjungan Prof.Dr. Benyamin Lakitan ke Iran. Pertemuan JWC Indonesia – Iran disepakati untuk diadakan tiap 2 tahun sekali dengan tempat yang berganti-ganti di Indonesia dan Iran. Untuk tahun ini, dijadwalkan pada bulan April 2007 di Iran. Pada pertemuan tersebut direncanakan untuk mendiskusikan proposal penelitian bersama yang dapat diaktifkan pada tahun 2008.